Categories
Uncategorized

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah

Cara Membuat Website Gratis dan Mudah – Banyak orang yang menginginkan sebuah website. Agar mereka bisa berbagi informasi dan juga berbagi hiburan kepada orang lain. Terutama dengan teknologi yang sudah sangat canggih. Anda bisa melakukan apapun dengan menggunakan komputer atau laptop dan juga koneksi internet.

Namun sayangnya banyak orang yang terkendala karena adanya biaya yang harus dikeluarkan ketika mendirikan website. Padahal sebenarnya anda bisa membuat website gratis dengan berbagai cara lho. Langsung saja simak berikut ini tahapan jelasnya.

Tentukan Konten Website

https://www.niagahoster.co.id/blog/wp-content/uploads/2020/01/WordPress-sebagai-market-share-1024x500.png

Hal pertama yang harus dilakukan. Tentu saja anda harus menentukan konten ataupun ide apa yang akan dituangkan dalam website yang telah anda buat. Banyak orang yang nekat dan ingin membuat sebuah website tapi mereka masih tidak tahu isi apa yang harus ada di dalam website tersebut.

Percuma saja jika memang tidak tahu karena konten harus menarik dan juga berbeda. Anda harus bisa menampilkan konten yang unik dan tidak sama dengan beberapa website lainnya.

Hosting dan domain

cara membuat website gratis paket hosting

Selanjutnya tahapan yang bisa dilakukan untuk membuat website secara gratis yaitu dengan mengatur hosting dan juga domain. Kedua hal ini sangatlah penting terutama jika anda menggunakan website berbasis wordpress. Namun dalam jangka panjang biasanya website ini tidak menguntungkan anda bisa mengeluarkan uang.

Tetapi anda juga bisa mendapatkan hosting dan domain yang gratis, karena sekarang ini sudah banyak website populer yang menyediakan hal tersebut. Sebagai gantinya anda juga bisa menggunakan wordpress.org sebagai salah satu website yang sifatnya open source. Namun jika anda memang menginginkan penggunaan alamat yang berbayar. Ada banyak website yang menyediakan kelebihan tersebut sehingga bisa dimanfaatkan untuk pembuatan website.

Install wordpress

cara buat web gratis install wordpress

Cara membuat website gratis selanjutnya yaitu dengan memastikan bahwa anda sudah memiliki daftar nama domain. Daftar nama ini nantinya akan digunakan untuk alamat resmi anda ketika dilakukan pencairan di google.

Apabila sudah selesai instal wordpress yang bisa anda dapatkan di google secara gratis. Kemudian auto install website wordpress tersebut apabila sudah selesai. Nantinya anda akan terhubung antara wordpress dan juga website di mana anda membeli hosting dan domain. Misalnya saja anda membelinya di niagahoster dewaweb ataupun tempat lainnya.

Pilih tema

buat website gratis tema

Tahapan ke-4 yang wajib dilakukan tentu saja mengisi data secara lengkap di dalam wordpress dan juga install tema yang ingin digunakan. Tema sendiri nantinya akan memberikan kesan unik dan juga berbeda pada website yang telah anda bangun melalui wordpress.

Penggunaan memang hanya terbatas pada beberapa yang gratis saja. Sehingga jika anda ingin menggunakan tema yang unik maka anda harus membayarnya.

Plugin

bikin website gratis plugin

Terakhir hal yang bisa dilakukan yaitu menginstal plugin anda bisa langsung menuju pulpen yang ada pada wordpress. Kemudian cari blog ini yang dibutuhkan dan install now tunggu beberapa saat hingga muncul tombol activate. Kemudian pasang plugin tersebut untuk melengkapi wordpress atau website yang telah anda bangun. Tinggal kunjungi menu Plugins > Add New > Upload plugin. Kemudian pilih file dalam ekstensi .zip dan klik tombol Install Now.

Deretan tahapan ataupun cara yang bisa dilakukan untuk membuat website gratis yang bisa anda buat dimanapun dan kapanpun. Tidak perlu membutuhkan informasi atau pengetahuan mengenai teknologi yang sangat tinggi. Karena faktanya anda bisa membuatnya dengan mudah dan dengan memanfaatkan wordpress yang gratis.

Categories
Tutorial Hosting

Cara Mengubah Versi PHP di Cpanel

Pedahuluan

Pada artikel sebelumnya dijelaskan cara untuk mengubah versi PHP dengan menggunakan terminal/SSH. Jika Anda memiliki cPanel, Anda bisa mengubah versi PHP dengan menggunakan cPanel dan penggunaannya pun lebih mudah dibanding dengan menggunakan terminal/SSH. Mau tau caranya? Anda bisa mengikuti cara di bawah ini.

Cara Mengubah Versi PHP di cPanel

  1. Login ke cPanel.
  2. Pilih menu Software/Services kemudian pilih Select PHP Version.
  3. Setelah itu, pilih versi PHP yang Anda butuhkan.
  4. Kemudian tekan tombol Update, maka versi PHP sudah terupdate sesuai dengan kebutuhan Anda.
Categories
Tutorial Hosting

Cara Mengakses dan Menggunakan Remote Mysql di Cpanel

Pendahuluan

Pada tutorial kali ini, Anda akan mengetahui bagaimana cara untuk mengakses dan menggunakan Remote MySQL di Cpanel. Remote Mysql merupakan salah satu fitur yang terdapat pada cPanel agar orang lain dapat mengakses database MySQL yang Anda miliki.Ketika remote MySQL ini aktif, maka client dapat leluasa mengakses database MySQL yang ada di server Anda. Maka dari itu, Anda diharapkan hati-hati dalam menggunakan remote MySQL ini. Bisa-bisa client mengubah database yang ada pada server Anda.

Cara Mengakses dan Menggunakan Remote MySQL di cPanel

  • Login ke dalam cPanel.

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah masuk ke dalam cPanel.

  • Cari menu Remote MySQL

Ketik pada kolom pencarian “Remote MySQL”, kemudian akan ditampilkan tombol menu remote MySQL. Tekan menu tersebut.

  • Menambahkan Host/IP Client

Tahap ini Anda perlu menambahka host/IP dari client yang ingin mengakses database MySQL yang ada pada server Anda. IP tersebut diusahakan berasal dari koneksi IP statis, karena jika tidak, akan terjadi gangguan pada koneksi Remote MySQL.

  • Remote MySQL dari Client

IP Client sudah diijinkan untuk mengakses database yang ada pada database Anda. Maka berikutnya, melakukan remote MySQL dari client. Untuk mengakses database tersebut bisa menggunakan aplikasi : HeidiSQL, atau lainnya.

Categories
Tutorial Hosting

Cara Mengubah Versi PHP Melalui Terminal/SSH

Pendahuluan

Bagi pengguna windows akan tersedia akses terminal/ssh baik itu dari terminal atau dengan media aplikasi lain seperti Putty. Secara default, jika kita memasukkan perintah “php” pada terminal maka akan menjalankan ekstensi php yang sudah terpasang pada perangkat kita. Tapi, bagaimana jika kita ingin mengubah versi php yang ada di komputer kita? Simak cara-cara di bawah!

Mengubah versi PHP melalui Terminal/SSH

  • Masuk ke dalam Terminal/SSH.
  • Pastikan Anda ada berada pada home directory cd
  • Ubah isi file dari .bashrc dengan masuk ke dalam file tersebut nano .bashrc
  • Masukkan baris kode di bawah ini pada akhir baris file .bashrc alias php=/opt/cpanel/ea-php73/root/usr/bin/php
  • Setelah itu simpan file tersebut, kemudian keluar dari nano.
  • Panggil file .bashrc agar terload pada environment perangkat Anda source .bashrc
  • Setelah itu cek versi php terbaru yang sudah terpasang pada perangkat Anda

php –version

Categories
Tutorial Hosting

Tutorial backup data via cpanel

Pendahuluan

Backup adalah salah satu komponen terpenting jika ingin mengembangkan sebuah website. Fitur backup menyediakan file cadangan yang dapat Anda manfaatkan ketika Anda kehilangan data ataupun terjadi kerusakan pada server. Ada 3 macam cara untuk mengunduh file backup pada cPanel, yaitu :

  • Automatic Full Account Backup

Tipe backup ini merupakan fitur bawaan dari cPanel yang memungkinkan Anda untuk melakukan backup secara keseluruhan. Fitur ini paling sering digunakan jika Anda ingin transfer seluruh file Anda ke layanan hosting lain.

  • Automatic Home Directory Backup

Pilihan ini bisa Anda pilih jika Anda menginginkan ukuran backup yang kecil. Hasil unduhan berupa file website dan email. Ini merupakan cara

  • Manual Website Backup

Dengan pilihan ini Anda hanya mengunduh file yang sesuai saja dan tidak akan mengunduh file yang lain. Ukuran file backup lebih kecil jika dibandingkan dengan pilihan pertama dan kedua.

Cara Download cPanel Backup

Automatic Full Account Backup

  1. Login ke cPanel
  2. Cari kolom Files, kemudian pilih menu Backup.
  3. Pada bagian Full Backup, tekan tombol Download a Full Website Backup.
  4. Selanjutnya, pada bagian Backup Destination pilih Home Directory.
  5. Pada bagian Email Address isi email Anda.
  6. Setelah itu tekan tombol Generate Backup maka proses backup sudah berjalan.
  7. Tunggu proses backup hingga selesai, jika sudah selesai, lihat bagian Backups Available for Download terdapat file yang sudah siap diunduh ke komputer Anda.
  8. Klik file tersebut, maka file akan tersebut akan terunduh pada komputer Anda.

Automatic Home Directory Backup

  1. Login ke cPanel
  2. Cari kolom Files, kemudian pilih menu Backup.
  3. Pada bagian Partial Backups > Download a Home Directory, tekan tombol Home Directory. Proses unduh sudah berjalan setelah Anda menekan tombol tersebut.

Manual Website Backup

  1. Login ke cPanel.
  2. Cari kolom Files, kemudian pilih menu Backup.
  3. Pada halaman utama, pilih folder root dari website Anda. Kemudian buka direktori public_html dan cari folder website Anda.
  4. Pilih folder website Anda tersebut kemudian tekan Compress pada menu bagian atas halaman.
  5. Kemudian pilih Compression Type. Anda bisa mengubah nama file tersebut atau tetap membiarkannya default kemudian tekan tombol Compress File(s).
  6. Setelah Anda menekan tombol tersebut, Anda akan melihat popup proses backup, jika sudah selesai silahkan tutup popup tersebut.
  7. Silahkan pilih file yang sudah dibackup pada halaman utama kemudian klik file tersebut.
  8. Setelah itu, klik Download pada menu bagian atas untuk memulai mengunduh ke komputer Anda.